Source Code [2011]

Label: ,

Saat pertama terjaga, Captain Colter Stevens (Jake Gyllenhaal) tak sadar apa yang sedang terjadi. Ia tak lagi mengenali tubuhnya. Colter yakin kalau ia terjebak dalam tubuh orang lain namun tak lama kemudian Colter teringat bahwa ia saat itu sedang dalam sebuah tugas berbahaya. Colter harus mencari tahu pelaku pemboman kereta api yang saat itu sedang ia tumpangi.

Captain Colter Stevens sebenarnya adalah bagian dari percobaan yang dilakukan pemerintah. Pada dasarnya, percobaan yang disebut Source Code ini memungkinkan Colter masuk ke dalam tubuh orang lain. Saat ini Colter sedang berada di tubuh seorang pria bernama Sean Fentress yang menjadi penumpang sebuah kereta api naas yang meledak akibat bom.

Colter bisa mengulangi kecelakaan maut yang menimpa kereta api itu sampai ia berhasil menemukan siapa pelaku pemboman itu agar ia bisa mencegah terulangnya peristiwa tragis itu. Setiap kali Colter mengulangi peristiwa naas itu, semakin kuat pula ikatan batin antara dirinya dengan para penumpang yang mengalami nasib sial hari itu. Apa yang akan dilakukan Colter? Akankah ia berusaha menyelamatkan mereka yang seharusnya mati mengenaskan ini?

Review
Sulit dipahami memang karena film ini memang film fiksi ilmiah. Jangan menggunakan logika karena ada beberapa celah logika yang membuat film ini terasa janggal. Nikmati saja kisah yang ditulis oleh Ben Ripley dan dituturkan oleh Jake Gyllenhaal ini. Dengan begitu, film ini akan lebih terasa memuaskan.

Kalau ide dasarnya sendiri sedikit tak logis, bentuk jadinya ternyata cukup menghibur. Paling tidak, Duncan Jones, sang sutradara cukup pandai meramu berbagai macam formula untuk menyajikan sebuah tontonan yang menarik. Kalau Anda sempat melihat hasil karya Duncan Jones sebelumnya yang berjudul MOON, Anda pasti akan merasakan pengalaman yang kurang lebih sama. Di menit-menit awal penonton dibuat kebingungan dan perlahan-lahan Duncan mulai membeberkan informasi penting yang mendasari film ini.

Sebenarnya film ini punya peluang jadi membosankan. Bagaimana tidak, kita diajak mengulang proses yang sama berkali-kali namun untungnya Duncan cukup jeli dan mengakalinya dengan berbagai cara agar adegan yang seharusnya sama ini jadi berubah-ubah. Terlepas dari itu, peran Jake Gyllenhal dalam mengangkat pamor film ini juga tak bisa dipandang sebelah mata. Tanpa meremehkan permainan Michelle Monaghan dan Vera Farmiga, SOURCE CODE ini adalah filmnya Jake Gyllenhaal (Kapanlagi.com).

Download Subtitle Indonesia : Bluray.Repack-MHD/DVDRip-TWiZTED
Download Film: Bluray.Repack-MHD | DVDRip-TWiZTED

3 komentar:

  1. Soda mengatakan...:

    Film bagus ditbh sub yg bagus pula. Two thumbs up...

  1. Lexsonidas mengatakan...:

    Bedanya Repack dengan bukan Repack apa Bos?
    Apa mirip dengan extendeed gitu ya?
    Mohon pencerahannya..

  1. Sukair mengatakan...:

    Sebenarnya rilisan ini bukan extended tapi sama seperti bluray rilisan MHD sebelumnya. Ternyata rilisan pertama MHD nuke (cacat) tak sesuai dengan aturan dunia per-ripper-an. Walau "cacat"nya ini ga begitu masalah. Istilah repack, karena MHD me-rip ulang film yang sudah dirilis sebelumnya. Jika grup ripper lain yang merilisnya, biasanya pake embel-embel Proper. Mengenai istilah nuke ini bisa googling aja, banyak ketentuan yang mengatur itu.