Kill Bill Vol.1 [2003]

Label: ,

Sang Pengantin (Thurman), seorang pembunuh bayaran yang pensiun dan sedang mengandung ingin memulai hidup baru. Ketika latihan upacara pernikahan, sang boss Bill (Carradine) beserta anggota Deadly Assassin Vipernya mengacaukan segalanya. Membunuh semua orang pada gereja itu kecuali satu, Sang Pengantin yang ternyata koma. Setelah empat tahun berlalu dan tersadar bahwa dirinya telah kehilangan anakya, Sang Pengantin memburu lima orang yang sudah menghancurkan masa lalu dan anaknya.

“Revenge is a cold dish served best” jelas-jelas tidak baik digunakan sebagai panutan hidup. Bahkan Sang Pengantin sempat diperingati oleh sang pembuat pedang asal Okinawa, Hattori Hanzo (Sonny Chiba) bahwa balas dendam bisa membuat orang tersesat. Namun karisma Hanzo kalah besar dengan dendam yang disimpan Sang Pengantin. Selain itu Hanzo juga berani berkata Tuhan akan terpotong dengan pedangnya. Sungguh aneh pemikiran Tarantino saat menulis naskah film ini. Sekali lagi mohon hal tersebut jangan dipersoalkan.

Balas dendam merupakan tema utama dalam film ini. Seperti tema film kelas B lainnya, wanita yang menuntut balas serta pertarungan samurai mewarnai film ini. Mungkin sebagai penghormatan Tarantino terhadap film-film silat jabot era Shaw Brothers. Termasuk musik pengiring yang tiba-tiba berhenti. Bahkan logo Shaw Brothers digunakan sebagai pembuka film sendiri. Tarantino juga memberikan refrensi film-film cult. Seperti pada tokoh Oren-Ishii, yang sudah jelas berdasarkan tokoh utama Lady Snowblood yang diperankan Meiko Kaji (Tarantino juga memasukkan lagu jepang The Flower of Carnage yang dinyanyikan Meiko Kaji sendiri sebagai soundtrack), dan nama Yakuza mungkin diambil dari film Reiko Ike, Female Yakuza Tale. Lantas ide wanita bermata satu Elle Driver mungkin juga diambil dari tokoh utama film balas dendam favorit Tarantino, Thriller-They Call Her One Eye. Tak lupa ada blaxploitation dalam film ini.

Hal gila lainnya adalah pada sequence pertarungan di rumah Blue Leaves. Sang Pengantin dengan kostum yang diambil dari film terakhir Bruce Lee, Game of Death, membasmi setiap orang yang menghalangi misinya membunuh Oren-Ishii (Lucy Liu), seorang wanita campuran Cina-Amerika dan Jepang yang menjabat menjadi pimpinan mafia, sebagai nama pertama dalam daftar matinya. Terlibat pertarungan berdarah antara satu orang dengan satu orang—yaitu sang gadis murahan Gogo Yubari (Chiaki Kuriyama) yang membawa senjata super mematikannya—, serta satu orang dengan orang banyak—ketika Sang Pengantin dikeroyok pasukan pribadi Oren yang bertuksedo, memanggil mereka sendiri dengan nama Crazy 88 dengan pimpinan ksatria botak Johnny Mo (Gordon Liu). Itu seperti film-film Bruce Lee dimana disetiap penampilannya, tidak pernah absent dua atraksi seperti yang telah disebutkan di atas. Dan diakhiri dengan duel indah Sang Pengantin dan Oren-Ishii yang diselimuti salju berguguran. (erdiawanfilmreviewsdatabase.blogspot.com)

Download Film : IDWS-Flawl3ss, IDWS-Keltz
Download Subtitles Indonesia : DVDRip-Flawl3ss, DVDRip-Keltz

0 komentar: